Senin, 26 Oktober 2009

Kasanah Dwi Cahya Kurniasari
09710057/B

OBSERVASI WAWA DI TK ROUDLOTUL ATHFAL


I.        Identitas Subjek :
Nama                       :   Wawa
Usia                         :   4,5 – 5 tahun
Anak ke-                   :   anak ke-2 dari 3 bersaudara
Tempat Observasi     :   TK Roudlotul Athfal
II.      Pembahasan
1.       Prilaku
Pertama didekati Wawa masih malu-malu, namun beberapa saat Wawa menjawab pertanyaan dari kami. Saat kami menanyakan anak ke- berapa dia si Wawa masih sedikit mengerutkan keningnya, kemudian dia menjawab, ” aku punya kakak satu dan adek satu, sambil meneruskan permainannya bersama dua orang temannya.
      Tiba-tiba bel tanda masuk berbunyi anak tersebut menyerukan kepada temannya, ” Masuk!” sambil berlari menuju kelasnya. Pelajaran pertama yang  Wawa terima adalah membaca doa keluar rumah, pada awalnya dia mengikuti guru yang sedang mengucapkan doa namun waktu ditengah perjalanan Wawa mengajak bercanda temannya.
      Pada pelajaran ke-2 Wawa mendapatkan pelajaran sholat. Pada pembacaan iqomah, dia sudah menyedekapkan tangannya. Beberapa saat dia melihat sekelilingnya kemudian dia melepaskan sedekapnya tersebut. Saat ibu guru berdiri disampingnya dia mengucapkan lafal bacaan sholat dengan kerasnya, namun saat ibu guru berpindah tempat anak tersebut mengacak bercanda temannya. Kemudian kembali melafalkan bacaan sholat hingga selesai karena ibu gurunya duduk disamping kanannya.
      Kemudian anak-anak disuruh duduk di meja masing-masing. Wawa berebut kursi dengan teman laki-lakinya, pada akhirnya Wawa yang mengalah dan duduk disamping kanan anak laki-laki tersebut. Beberapa saat datang teman laki-laki satu lagi meminta Wawa pindah tempat duduk. Akhirnya Wawa kembali pindah ke tempat duduk tepat ditengah para siswa perempuan.
      Pelajaran terakhir sebelum jalan-jalan, anak-anak diminta untuk bertepuk tangan dengan bermacam-macam tepuk. Wawa mengikuti semua perintah bu guru namun beberapa saat dia masih mengajak bicara temen yang disebelah kanan maupun yang di sebelah kirinya. Kemudian anak-anak disuruh turun dan membentuk barisan. Waktu perpisahan kami sedikit menanyakan kembali siapa namanya dan Wawa menceritakan kembali para anggota keluarganya. Saat kami melambaikan tangan, Wawa mengatakan, ” Dha... dha dha..., Mbak!”

2.       Teori
Anak usia 3 – 6 tahun merupakan frase perkembangan Early childhood. Pada usia ini anak biasanya sudah bisa mengembangkan suatu kecerdasan persepsi (misal seorang anak yang berada di jogja akan mengatakan bahwa gunung merapi lebih tinggi dari gunung merbabu, namun seorang anak yang berada di Magelang akan mengatakan bahwa gunung merbabu lebih tinggi dari gunung merapi {fenomena egosentris}). Selain itu kecerdasan simbol juga akan berkembang pada usia ini, misalnya bermain pasar-pasaran, jadi dokter-dokteran, dll.
Perubahan yang terjadi pada diri anak tersebut meliputi perubahan pada aspek berikut:
·         fisik (motorik)
·         emosi
·         kognitif
·         psikososial

III.    Kesimpulan
Wawa sudah mengalami perubahan pada aspek motorik karena Wawa sudah dapat berlari berbaris dan menirukan gerakan sholat, bertepuk tangan dan berebut kursi dengan temannya. Dia juga sudah dapat menahan rasa marah saat diminta untuk pindah tempat duduk dan dia takut terhadap orang yang tidak dia kenal, dapat dilihat dia malu-malu saat ditanya pertama kali. Aspek kognitif dia sudah dapat mengerti gurunya berada di samping dia agar dia tidak bicara sendiri dengan temannya, juga dapat dilihat saat dia menjawab semua pertanyaan yang saya tanyakan kepadanya. Psikososialnya dapat dilihat saat dia bermain dengan temannya sebelum masuk kelas dan dapat mengucapkan salam selamat tinggal yang paling sederhana, yaitu, ” ” Dha... dha dha..., Mbak!”

IV.    Referensi :


posted by psig0Ld @ 06.51  
0 Comments:

Posting Komentar

<< Home
 
 
About Me
Foto Saya
Nama:
Lokasi: sappen, jogja, Indonesia

i'm a student in UIN sukakalijaga

Archives
Archives
Sidebar Section
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Duis ligula lorem, consequat eget, tristique nec, auctor quis, purus. Vivamus ut sem. Fusce aliquam nunc vitae purus. Aenean viverra malesuada libero. Fusce ac quam.
Links
Free Blogger Templates